Halaman
Rabu, 12 September 2012
Pemanfaatan Internet
Pemanfaatan Internet untuk Sarana Komunikasi
July 16th, 2012
Pemanfaatan Internet sebagai salah satu Teknologi Digital guna sarana komunikasi di Indonesia terus mengalami peningkatan baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Sejak pertama kalinya Internet diperkenalkan, komunikasi melalui Internet terus berkembang. Tidak hanya komunikasi lewat tulisan dan gambar, tetapi komunikasi melalui suara dan video juga bisa dilakukan dengan lebih cepat. Melengkapi dan menyempurnakan berbagai sarana komunikasi manusia terdahulu seperti surat, telegram, radio, telepon, media cetak, dan televisi. Jenis komunikasi dan sarana apa saja yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan Internet? Berikut ini adalah gambaran peta pemanfaatan Internet untuk sarana Komunikasi di Indonesia dari masa ke masa.
Ditinjau dari jenis teknologi yang berhubungan dengan Internet dan milestone yang menurut saya cukup penting dan berpengaruh.
Internet
Internet Protocol (IP) pertama Indonesia didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. Seperti dikutip dari Telkomspeedy, Internet Service Provider komersial pertama Indonesia mulai beroperasi pada tahun 1994, bernama IndoNet. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX. Website dan penyedia Hosting kemudian mulai bermunculan meskipun masih sedikit. Salah satu Website Indonesia yang disebut-sebut sebagai yang pertama adalah indonesia.elga.net.id. Lalu kemudian terbentuklah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terbentuk pada Musyawarah Nasional Pertama 15 Mei 1996.
Pada tahun 1987-1988, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley (Amerika Serikat) membentuk mailing list indonesia yang pertama dengan alamat e-mail indonesians@janus.berkeley.edu. Dan di tahun 1993-1994-an seiring dengan kepulangan para mahasiswa yang belajar di luar negeri ke Indonesia, mailing list Indonesia secara bertahap terbentuk di Indonesia. Pada tahun 1995-1997, dua (2) buah Pentium II di ITB yang merupakan sumbangan Alumni ITB telah menyumbangkan banyak jasanya untuk pembentukan awal komunitas maya Indonesia sehingga mencapai jumlah ratusan mailing list.
Chatting
Chatting adalah suatu fitur dalam Internet untuk berkomunikasi sesama pemakai Internet yang sedang online. Salah satu aplikasi Chatting dengan pengguna cukup banyak di Indonesia adalah Yahoo Messenger (YM), dimana dapat dipergunakan untuk komunikasi yang berupa text chat, voice chat dan video chat. YM merupakan produk yang diperkenalkan pertama pada tahun 1998. Meskipun pada tahun-tahun sebelumnya, beberapa aplikasi Chatting telah dipergunakan dan dikenal di Indonesia seperti MIRC yang baru sebatas berbasis text chat.
Media
Media Online yang disebut-sebut sebagai pioner di Indonesia adalah Detik.com yang diluncurkan pada tahun 1998. Momen yang cukup penting bagi media dan dunia jurnalistik di Indonesia. Lalu disusul kemunculan Radio Internet, Koran dan Majalah Digital.
Forum
Komunitas Online pertama Indonesia yang sukses membentuk Forum terbesar Indonesia hingga saat ini adalah Kaskus. Kaskus dibuat pada tahun 1999 dan saat ini telah memiliki member hingga jutaan orang.
Video chat
Teknologi Video Confrences merupakan salah satu penemuan penting yang mempengaruhi cara berkomunikasi manusia. Semenjak tahun 2000, Indonesia telah mengenal teknologi Voip. Dan hingga saat ini aplikasi Video Chat semakin banyak. Salah satunya selain YM adalah Skype yang cukup populer di Indonesia. Skype pertama kali diluncurkan sekitar tahun 2003.
Social Media
Social Media atau Jejaring Sosial melengkapi jenis Media yang sudah ada baik cetak maupun elektronik. Pada akhir 90-an, dunia mengenal Social Media awal seperti classmates dan sixdegress. Sedangkan Media Blog pertama kali dibuat pada tahun 1997. Salah satu Social Media yang cukup berpengaruh di Indonesia yaitu Friendster (FS), diluncurkan pertama pada tahun 2003. FS mengalami kemunduran sehingga saat ini menjadi Game Online. Dilanjutkan dengan era kepopuleran Facebook (2004) dan Twitter (2006). Melalui Social Media, setiap orang bisa berkomunikasi melalui pesan teks, gambar, suara, dan video dengan lebih luas tanpa batas.
Berdasarkan gambaran di atas, Internet telah dimanfaatkan sebagai salah satu sarana komunikasi di Indonesia. Pemanfaatan Teknologi Digital yang tak kalah canggih dengan perkembangan Teknologi Informasi dunia. Dari jumlah pengguna, terdapat 40-45 juta pengguna Internet di Indonesia. 42 juta pengguna Facebook (peringkat 4 dunia) dan 19 juta akun Twitter dengan 1.3 juta tweet per hari. Data diperoleh dari Enda Nasution’s Weblog.
Jumlah yang besar meskipun terkadang isu dan permasalahan berkaitan dengan penipuan, pornografi, dan pembajakan masih sering terjadi berulang. Begitu juga dengan pemerataan akses Internet yang terkait penyediaan infrastruktur dan biaya. Jumlah pangsa pasar yang sebesar itu juga sangat potensial bagi generasi muda untuk tidak hanya menjadi konsumen di negri sendiri. Adanya tren rintisan Startup Digital merupakan fenomena yang harus dipertahankan.
Begitu juga dengan pemanfaatan Social Media yang kian populer di Indonesia. Segala topik permasalahan bisa diperbincangkan di sana bahkan punya pengaruh signifikan terhadap kehidupan nyata. Mulai dari isu politik, ekonomi, dunia hiburan dan apa saja. Oleh karena itu, manfaatkanlah Internet untuk berkomunikasi secara sehat di Indonesia dengan segala potensi yang ada. Berkomunikasilah dengan etika selayaknya komunikasi di kehidupan nyata
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar